Info Pendidikan Dokter Spesialis

Blog tempat kita berbagi info PPDS

Beasiswa PPDS Depkes

Topik ini sedang dibicarakan dan banyak pertanyaan untuk beasiswa ini. Diantaranya siapa saja yang bisa mendaftar untuk beasiswa ini, program studi apa yang di butuhkan, berapa orang yang akan dapat beasiswa, kriteria apa yang dipakai untuk menyetujui beasiswa itu, kapan pengumuman beasiswa selanjutnya, sampai berapa lama beasiswa ini akan ada, dan sebagainya.

Apakah beasiswa ini akan berjalan sesuai dengan anggapan kita bahwa biaya pendidikan akan dibayarkan sampai kita selesai pendidikan. Alangkah kasihan jika beasiswa kita di hentikan di tengah jalan, kalau kita tidak ada dana bagaimana?

Banyak keluhan yang kita dengar untuk beasiswa ini, terutama adalah informasi tentang beasiswa tersebut. Sebagai tempat tukar informasi , ada baiknya kita bicarakan disini.

Juni 20, 2008 - Posted by | Uncategorized |

78 Komentar »

  1. dok, mau tanya nih.. apa benar beasiswa Depkes itu hanya berlaku pada calon yang belum ikut test? bagaimana yang sudah mengikuti test tapi belum mulai pendidikan? ada info ? trims

    Komentar oleh A.Gani | Juni 21, 2008

  2. ada info beasiswa depkes tahun ini atau depan?

    Komentar oleh dr.Ardiansyah | Juni 21, 2008

  3. saya sudah ikut menjadi calon beasiswa dari DEPKES, yang ingin saya tanyakan , mengapa saya harus membuat pernyataan jika uang beasiswa terhenti, maka saya bersedia membayar uang kuliah selanjutnya. Apakah beasiswa Depkes ini tidak sampai jadi spesialis? trims

    Komentar oleh Jimmy | Juni 21, 2008

  4. Kabar/berita tentang beasiswa DEPKES ini memang simpang siur, ada yang mengatakan harus belum test. Pengalaman saya awal bulan lalu sewaktu mendaftar ulang Calon PPDS, banyak dari teman yang sudah test dan mendaftar kembali sebagai Beasiswa DEPKES. Jadi mereka ujian dengan status umum/pribadi lalu mendaftar beasiswa.Untuk lebih jelasnya lagi harap tanyakan langsung ke Dinas Propinsi Setempat. Semoga dapat membantu.

    Komentar oleh maruhum | Juni 21, 2008

  5. Tentang pembiayaan Beasiswa, tentu ada batasnya, baik dalam pembiayaan perorangan maupun total keseluruhannya,biasanya beasiswa itu hanya dibayar berdasarkan jumlah semester yang sudah ada di program PPDS. Kelebihan waktu pada mahasiswa tentu adalah tanggung jawab dari mahasiswa.Yang kedua adalah total keseluruhan dana beasiswa yang sudah dianggarkan. Apabila disebabkan satu dan lain hal dana beasiswa habis,maka sudah pasti pembiayaan terhenti. Karena uang kuliah di setiap universitas berbeda beda.

    Untuk penerimaan beasiswa tahun ajaran berikutnya anda sudah boleh menghubungi dinas propinsi anda, tentu lebih cepat lebih baik.

    Komentar oleh maruhum | Juni 21, 2008

  6. assalammualaikum..
    saya salah satu perserta tes seleksi PPDS-BK Unair bagian Penyakit Dalam. dari 18 orang yang ujian awalnya yang akan diterima 8, tapi rupanya hanya 7 orang dengan dibagi 2 periode 4 ornag untuk bulan juli2008 3 nya lagi untuk januari 2009. dari 7 orang yang diterima beasal dari 7 propinsi yang berbeda, ada papua, kaltim, kalsel, NTB, NTT, Jatim dan KEPRI.

    Komentar oleh abi moura | Juni 24, 2008

  7. mas abi, ppds-bk world bank ya?

    Komentar oleh Jimmy | Juni 26, 2008

  8. kebetulan mas abi mau nanya.., kalau ujian di Peny.Dalam Unair pake sumbangan gak mas?

    Komentar oleh dr.Ardiansyah | Juni 26, 2008

  9. Kak Abi yang baik, saya berkeinginan test Peny.dalam di Unair, boleh tanya kan…gimana sih ujian masuknya? pake bahasa inggris gak wawancaranya? ujiannya bentuknya apa aja? yang terakhir pake sumbangan gak? terimakasih ya kak…Buat yang lain tolong dong info ujiannya…

    Komentar oleh desi | Juni 26, 2008

  10. saya ingin melanjutkan pendidikan spesialis. Sekarang status masih ptt, belum pns. Tetapi karena masalah biaya, saya ingin mencoba beasiswa. Ada yang tau alurnya?

    Komentar oleh andhara | Juli 2, 2008

  11. beasiswa yang ada sekarang masih beasiswa Depkes… kebanyakan di dominasi oleh dokter yang sudah PNS di daerah terpencil.. kalau mau coba mungkin tanyanya ke dinkes propinsi aja pak

    Komentar oleh maruhum | Juli 12, 2008

  12. di unair uang kuliah persemester 3 jt , uang sumbangan beberapa bagian yang ada, dan itupun tergolong murah dari universitas yang lain. Ke Unair aja mas…

    Komentar oleh maruhum | Juli 12, 2008

  13. Saudara sekalian, berharap beasiswa sangatlah baik. berjuanglah untuk mendapatkannya. tapi ingat, di pendidikan spesialis banyak sekali hal2 non teknis yang perlu anda perhitungkan. bila Anda tidak punya rejeki lebih, jangan berharap Anda lancar menempuh studi, bisa amburadul cita2 Anda. Saya sebagai ppds yang telah lebih dulu masuk dari Anda mengingatkan hal ini. Jangan cuma berpikir SPP atau Sumbangan aja, Mas, Mbak, tapi berpikir juga dana2 nnteknis yang harus Anda persiapkan. Keluarga Anda(anak/istri/suami) jadi ikut sekolah. Jadi selamat berjuang menempuh BADAI. Tetaplah berusaha, sekali masuk PPDS keluar harus Spesialis.

    Komentar oleh dr. kapten | Juli 15, 2008

  14. yth,

    saya sekarang bertstatus sebagai pns pemda DKI, apakah ada kemungkinan dapat ikutan beasiswa depkes? pemda dan dinkes DKI entah mengapa sangat tertutup utnuk informasi masalah ini.
    jurusan yang tersedia di program beasiswa ini apakah sudah ditentukan? karena saya berminat untuk masuk ke Forensik, sementara setahu saya tidak termasuk dalam jurusan yang disediakan.
    terima kasih atas informasinya

    Komentar oleh anggi | Juli 28, 2008

  15. alhamd… saya slh 1 yang ketrima PPDS-BK Penyakit dalam UGM periode juli 2008. dari 19 yang tes, 8 yang diterima. 6 dari DIY (padahal quota DIY 2), dan 2 dari kaltim. jujur aja, sekarang kami masih bingung n deg2an menunggu MoU dari DEPKES dgn Fakultas serta MoU DEPKES dgn kami menyangkut biaya pendidikan, sistem pendidikan dan penempatan paska pendidikan… selalu muncul isu2 penempatan di daerah terpencil/ daerah bencana/daerah konflik selama 2n/2n+1/2n+2 (n= masa pendidikan). yang kami juga heran, kopk depkes gak ngasih info resmi di website ya….
    kalo ada temen2 yang tau info yang BENAR… kabar2i ya… thx

    Komentar oleh ana (tri setiana K) | Agustus 13, 2008

  16. siapa saja bisa ikut program PPDS-BK depkes, PNS,PTT,swasta, asal lolos administrasi,tes akademik univ yang dituju, dan sanggup ditempatkan sesuai kebutuhan depkes sesuai aturan. kemarin syaratnya ijin dari atasan, surat pengalaman klinis min 1 th,surat ket sehat, ijin kepala dinas setempat, surat yang ditujukan kepada depkes untuk permohonan tugas belajar, bagi PNS dilengkapi dengan SK trakhir, DP3& kartu pegawai, formulir pendaftaran PPDS (biaya 50rb)yang didapat dari depkes/dinas setempat. di UGM dari 128 yang tes, yang ketrima 54 orang. peny dlm 8, anak 10, obgin 8, bedah 5, radologi 7,anestesi dan PK gak tau brapa lupa aku…

    Komentar oleh ana (tri setiana K) | Agustus 13, 2008

  17. jadi sebenarnya ke mana kita harus bertanyaaaaaa??? Koq di web depkes juga tidak ada info mengenai hal ini?? Wadoh.. ibu menkes… koq yang begini aja gak becusss sih?? taunya cuma di kawal2 aja di jalan tol… segitu aja rupanya ibu menteri kita ini.. prihatin saya….

    Komentar oleh pemuda metropolitany | Agustus 25, 2008

  18. untuk tahun 2009 memang belum ada ancar2nya kapan, karena pembiayaan yang masuk 2008 sampai saat ini di unair belum jelas. saya pernah konfirmasi ke PPSDM depkes, untuk 2009 sudah bisa diusulkan,kalau nanti sudah ada penerimaan permohonan beasiswa, baru pendaftar di panggil. Saingan masuk utk beasiswa lebih berat lho… kalau punya uang lebih bagus bayar sendiri.. :)

    Komentar oleh maruhum | Agustus 31, 2008

  19. pada dasarnya semua jurusan bisa dibiayai oleh DEPKES, kriterianya adalah , apakah tempat penempatan yang akan dituju bersedia dan sanggup menerima penugasan dokter spesialis tsb. kalau masuk dengan program studi orthopaedi, apakah daerah tersebut sangat perlu orthopaedi? apa dokter bedah yang disana tidak mampu? kalau di daerah tsb masih mampu, maka DEPKES akan langsung memberikan penempatan yang lain untuk dokter spesialis tadi.jadi lebih baik kita memilih program studi joker, maksudnya yang diperlukan sekali dan masi langka di perifer. Karena pada prinsipnya, beasiswa ini ditujukan untuk dokter yang mau ditempatkan di perifer. Semoga membantu

    Komentar oleh maruhum | Agustus 31, 2008

  20. Mas, saya kepengen masuk PPDS THT di UNAIR, yang saya ingin tahu kira-kira biaya SPP dan lain-lain, total habisnya berapa/semester.
    saya PNS disalah satu Kabupaten di KAlimantan Selatan, atas infonya saya ucapkan trim’s

    Komentar oleh Dia, dr | September 10, 2008

  21. buat dr.dia
    uang kuliah 3jt/semester
    uang daftar dan ujian : Rp.250.000
    uang sumbangan ( belum ada kabar pasti/resmi semua bagian):sekitar Rp.50jt
    kalau PNS lengkapi surat rekomendasi dll (sangat berpengaruh) terutama di daerah terpencil dan belum ada spesialisasi tersebut.
    trima kasih kembali

    Komentar oleh maruhum | September 21, 2008

  22. saya ingin bertanya tentang ppds paru di unair. berapa kira-kira biaya total per semester juga uang masuknya ?
    seberapa banyak kira-kira pelamar setiap tahunnya? makasih

    Komentar oleh dr.sari | Oktober 10, 2008

  23. buat sari .. biaya SPP sama aja 3 jt , ujian berkas 250rb,uang ujian 150rb, dan uang sumbangan di paru tidak ada. kalau pelamar gak tentu tapi sekitar 5-10 orang, yang diterima bisa 4-5 orang
    ujian teori , wawancara , syarat berkas sama dengan yang lain.
    masuk ada antrian 6 bulan, magang di bagian 6 bulan.. test wawancara bawa istri/suami jika sudah menikah. trims

    Komentar oleh maruhum | Oktober 12, 2008

  24. mohon info tata cara ambil beasiswa depkes
    proses dari awalnya bagaimana?
    syarat2nya bagaimana?
    thanks

    Komentar oleh sigit purnom, dr | November 7, 2008

  25. Mas,saya masih berstatus cpns, apakah bisa ikutan mendaftar beasiswa depkes? trus kemana saya memperoleh info?

    Komentar oleh dr. ketut apriantara | November 14, 2008

  26. sy sdh mndaftar di ui mll program beasiswa bk utk periode jan09. Sampai hr ini blm ada kepastian kpn ujian.Menurut pihak fk ui (yg sy hubngi mll tlp ), kmgkinan besar ujian diundur april09, digabung dgn calon peserta ujian reguler+beasiswa bk berikutnya.. Alasannya sih,depkes telat kasi formulir ke pihak chs&ui.. (Kalo masalah telat,center study lain jg telat,spt ugm,unair,usu,unhas bs tuh ngadain ujian khusus bwt beasiswa bk..) Kesan yg kudpt,ui kurang kooperatif dgn program beasiswa bk ini. Tp aku dpt masukan,dg ui kudu bersabar,krn fk senior di negriku ini(oooh…)Yg rugi kan calon peserta,klo dijamin lulus ujian,klu nda lulus?piye tokh..Dah kehilangan 1 periode ujian,umur bertambah…Bwt temen2 yg mau daftar di ui mll beasiswa bk, saranku pertimbangkan lg baek2 yaaaaa.

    Komentar oleh dr.lianawati | Desember 3, 2008

  27. tanya.saya dokter lulusan 2008.saya blank sama sekali.gmn kah caranya mendaftar ppds beasiswa depkes?(dari awal)

    Komentar oleh yudhistya | Desember 8, 2008

  28. trimakasi..saya sedang menjadi PPDS anestesi di UNUD-BALI sudah semester V, tapi saat ini saya diangkat menjadi CPNS di Bali juga, melalui jalur honor.. bagaimana saya bisa melanjutkan sekolah, apa saya harus cuti dari sekolah agar memenuhi persyaratan bahwa dr boleh melanjutkan sekolah setelah 4 thn mengabdi?? saya bingung, ingin tetap jadi PNS, dan ingin juga segera menyelesaikan studi, karena sudah dipertengahan..semoga saya mendapat jalan keluar,,trimakasi

    Komentar oleh dewi | Desember 17, 2008

  29. Saya pns di puskesmas solokuro lmg.ingin bertanya kapan saya dipanggil ppds radiologi saya sudah daftar lewat dinkes kab.kira2 bln september kemarin ya..programnya bu menkes

    Komentar oleh Saiful arif dr. | Desember 27, 2008

  30. dok, saya drg, ada ngga ya beasiswa ppds bk utk dokter gigi?

    Komentar oleh oka | Januari 21, 2009

  31. YTH TS SEMUA, SAYA DOKTER PNS DI WILAYAH SUMUT, ADA YANG TAU GAK KAPAN PENDAFTARAN PPDS BK BUKA DI FK USU UTK PERIODE 2009. ATAS INFO NYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH. SALAM SEJAWAT.

    Komentar oleh dr ilham | Januari 25, 2009

  32. mhn onfo beasiswa lengkap ppds 2009-2010 di Fk ugm

    Komentar oleh dr.willya | Februari 5, 2009

  33. Insyaallah,bsok gw mw k depkes pusat..mdh2n dpt info terakut ttg ppds bk depkes langsung dr sono..tunggu kbrx yak…

    Komentar oleh Muna' | Februari 17, 2009

  34. Sy mau tnya,apa bnr syarat ppds-bk hrs py pnglaman klinik min1thn.Kok tmn sy br ptt periode sept08 udah bs ikutan prog ppds-bk itu,malah udh ikt test diuniv nya walopun blm tau lu2s pa gk sih,

    Komentar oleh dr.Wulan | Februari 23, 2009

  35. mohon info ppds bk ini,kayknya kabarnya smakin kabur n gk jelas,apalg dinkes jg tdk koperatif.thx

    Komentar oleh novi,dr | Februari 25, 2009

  36. saya br slsi test ujian ppds-bk di usu untk periode II dr tgl 2-21 feb’09 smpi skrg blm ada pengumuman(doakan lulus ya…) mslhnya saya ujian tanpa backing krn ini I bg saya jd ga tau hrs pake backing,apa univ lain bgt jg?

    Komentar oleh dr.tonun | Februari 26, 2009

  37. saya m tanya kalo ppds bk mesti ada pengalaman klinik 1 th kok temen saya baru ptt blom nyampe 1 tahun bisa ktrima,ini periode yang 2009 lagi

    Komentar oleh dr.sukri | Februari 28, 2009

  38. BAGAIMANA CARA MENDAPAT BEASISWA DARI DEPKES UNTUK SEKOLAH SPESIALIS

    Komentar oleh LITA | Maret 1, 2009

  39. Sy mo tnya sm TS yg sdh lu2s n sdg mnjalani ppds-bk,apa sj sih keuntungan ppds-bk dibnding reguler slain gratisan,apakah msuknya dpermudah?Apakah kl ppds-bk cm bth rekom dr dinkes aj,tnpa perlu rekom dr idi,rekom kanwil,rekom profesi spt yg disyaratkan kalo qta dftr reguler.Mohon infonya donk TS,krn sy msh mpertimbngkan mau cb ppds-bk atw reguler saja,trimakasih

    Komentar oleh Wulan,dr | Maret 8, 2009

  40. Selain Depkes,adakah instansi lain yang juga memberikan beasiswa untuk PPDS?

    Komentar oleh TINA | Maret 23, 2009

  41. Saya fk02, br lulus thn ini ingin tny syrt2 beasiswa ppds apa ja? Trus mhn info nya jg kalo mw ppds neuro yg gmpg dmana n pelajaran apa aja yg hrs dipersiapkan u/ujian? Thx ya

    Komentar oleh Fany mayasari apriyanti | Maret 31, 2009

  42. M ty ne, kl ambil ppds kulit di undip biayany skitar brp yach, n sbn bwt ujian mskny tingkat kesulitan msg2 universitas gmn si? Tq y

    Komentar oleh Mila | April 30, 2009

  43. ada yg mau berbagi info ttg ppds mata undip g?please..tolong saya.syukur2…kl ada yg mau berbagi soal2 ujian. bls di tamazour@yahoo.com oce….tq

    Komentar oleh tamazour | Mei 24, 2009

  44. sy mau nanya, sy sdh tes ppds bk di unud ngambil anestesi dan masih cadangan tgg okt tes ulang lg. Yg sy tanyakan apakah sy hrs masukan berkas2 ppds bk lagi?
    Thanks.

    Komentar oleh dr marsel | Juni 16, 2009

  45. untuk dr marsel,jika di periode sebelumnya belum lulus,jika ingin ikut periode berikutnya maka kita harus memasukkan berkas permohonan baru

    Komentar oleh dr.adi m | Juni 20, 2009

  46. adakah info beasiswa PPDS BK tahun 2009-2010?kok sulit ya carinya. trims

    Komentar oleh dr.Tia | Juni 30, 2009

  47. Buat semua Ts,saya ingin ikut program beasiswa depkes thn ini bagian patologi klinik. Ada yg tau ga informasi dan persyaratannya.. Thanks

    Komentar oleh dr.fiona | Juli 1, 2009

  48. mas,ak fresh graduate ni,ppds bk itu gmn dftar ny sih mas..tlg info ny yaa..maklum pgn berbakti sm negara tp dana terbatas niii..thk u mas..

    Komentar oleh adika putri | Juli 15, 2009

  49. Dok,kalo dokter yang baru lulus bisa ga langsung ikut beasiswa PPDS depkes? info kita cari dimana yang lengkap? trims

    Komentar oleh dr. Gede Rombiawan | Juli 27, 2009

  50. Maaf dok sy mau tanya kpn ya dibuka lg pendaftaran beasiswa PPDS BK?

    Komentar oleh Ira | Agustus 11, 2009

  51. Info lengkap dan detailnya,sebaiknya ditanyakan di dinkes provinsi. Mengenai siapa sj yg boleh ikut…kalo menurut depkes, semuanya boleh ikut, termsk swasta,ptt,cpns,pns…tp hrs menyertakan rekomendasi dr dinkes kabupaten. Jadi..kembl lg ke dinkes kab.masing2.
    Krn ada kabupaten yg hanya mau memberi rekomendasi kpd pns sj. Just info.

    Komentar oleh Uci | Agustus 21, 2009

  52. Halo Dok,
    thanks seklai ya baut kepeduliannya dan kebaikannya berbagi pengalaman…
    Dok, apa ada kemungkinan untuk ppds di obgyn untuk yang pra ptt… saya dengar itu hanya untuk lulsan unair ya? thanks a lot, Gbu

    Komentar oleh susan | Agustus 27, 2009

  53. Saya mau tanya, saya PPDS obsgin di FK undip, dan rencana mau mengurus PPDS BK, karena saya tugas belajar dan harus kembali kedaerah saya di lampung jika sdh lulus,bagaimana caranya mengurus PPDS BK ? terimakasih.

    Komentar oleh Muhammad Irawan | September 11, 2009

  54. Halo dok,
    saat ini saya sedang menjalani ptt secara swasta.bisakah nanti setelah saya selesai ptt mendaftar untuk ikut ppds bk?bagaiman caranya?sampai kapan ppds bk ini rencananya akan berakhir?terima kasih

    Komentar oleh Lita | September 20, 2009

  55. saya butuh bantuan untuk mengikuti program PPDS BK untuk tahun 2010. saya sekarang sdh terdaftar di ppds bedah unhas makassar. mohon infonya. thanks

    Komentar oleh dr.unggul | September 27, 2009

  56. saya mau tanya,jika kita mau mengambil program spesialis untuk saat ini IPk hrs 3 atau min 2,75?mksh

    Komentar oleh nita | Oktober 6, 2009

  57. saya penerima beasiswa depkes. sekarang ini sedang penelitian akhir. mau tanya gmana anggaran untuk penelitian dari depkes?? gmana cara mendapatkannya?

    Komentar oleh hera | Januari 31, 2010

  58. jawa timur ppds bk sdh dimulai lho, paling akhir pemberkasan tgl 15 pebruari 2010

    Komentar oleh dr sony | Februari 8, 2010

  59. mohon info formasi ppds bk 2010, bagian apa aja yang bisa mendapat beasiswa depkes. dan kapan mulai pendaftarannnya

    Komentar oleh dr vina | Februari 12, 2010

  60. saya dokter umum di NAD, belum PTT dan PNS..sedang mencoba beasiswa tubel dinkes..penutupan terakhir tgl 24 feb 2010..nah, saya mencari informasi di web bbrp universitas dan sedikit kaget dengan uang pangkal yang notabene mahal banget,ya..dan kami baru dapat wejangan dr seorang dr, SpOG tentang pengalaman beliau sekolah..semua butuh uang..akademik penting, tapi uang tidak bs dinomorduakan…harus sejalan.beliau beruntung saat ujian beliau tidak ditanya soal deposit..paling tidak jaman sekarang untuk 6 blan pertaman butuh deposit pribadi 100an juta rupiah..

    Komentar oleh sri wahyuni,dr | Februari 23, 2010

  61. Yth. TS semua.. Mohon info beasiswa PPDS BK untuk yang akan datang.. Terima kasih

    Komentar oleh dilla sari fitri | Agustus 4, 2010

  62. Dok, saya ingin tanya, kuota untuk penerimaan PPDS dari jalur PPDS-BK dan umum apakah sendiri2 ataukah sama?
    Misalnya di website http://www.pmdk.unair.ac.id, tertulis IK Kulit Kelamin 7orang/ semester. Apakah 7 orang yang diterima tersebut adalah 7 orang yang lolos tes tanpa memandang dia jalur BK atau Reguler?
    (Atau ada kuota tersendiri, dari BK berapa orang, dari reguler berapa orang)

    Komentar oleh Irma | September 28, 2010

  63. dok..saya mau tanya< apa ada beasiswa yang ditujukan untuk andrologi?
    kalu ada apa saja persyaratannya dok?

    Komentar oleh dr.M.Royham Batam | Maret 24, 2011

  64. saya mau tanya dok soalnya kok beritanya gonta-ganti mulu ya
    1.syarat ppds bk ap aj?
    2.kpn pendaftarannya?
    3.bagaimana cara ngurus surat2 rekomendasinya?

    Komentar oleh dwi | Agustus 18, 2012

  65. Yesterday, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested to see
    if it can survive a twenty five foot drop, just so she can be
    a youtube sensation. My apple ipad is now destroyed and she has 83 views.
    I know this is entirely off topic but I had to share
    it with someone!

    Komentar oleh Shella | Desember 28, 2012

  66. I really ponder the reasons why you named this particular blog post, “Beasiswa PPDS Depkes
    « Info Pendidikan Dokter Spesialis”. No matter what I enjoyed the post!
    Regards,Rene

    Komentar oleh http://bing.com | Februari 15, 2013

  67. This is my first time pay a quick visit at here and i am in fact impressed to read everthing
    at single place.

    Komentar oleh urban chat line | April 4, 2013

  68. Hi, this weekend is nice for me, for the reason that this moment i am reading this fantastic informative article
    here at my house.

    Komentar oleh tao of badass mobi | April 17, 2013

  69. Kenapa n

    Komentar oleh dwi lestari | April 18, 2013

  70. You may be surprised to find the children asking
    to go less often. Students who chow down on burgers, fries, chicken nuggets or pizza at lunch, will get a quick
    blood sugar surge, accompanied by that all too familiar crash, most likely just as it’s time to walk into their next class. This prevents the hair from getting damaged anymore.

    Komentar oleh health | Mei 24, 2013

  71. bagaimana cara mendaftar PPDS BK kalau saya non PNS? saya sudah berusaha tetapi sampai sekarang belum bisa daftar. mohon bantuannya?

    Komentar oleh dwi | Mei 24, 2013

  72. WOW just what I was searching for. Came here by searching for legal law quotes

    Komentar oleh Ramonita | Agustus 4, 2013

  73. These are actually great ideas in on the topic of blogging.
    You have touched some fastidious factors here. Any way keep up wrinting.

    Komentar oleh dominatu orgasmo gratis pdf | September 26, 2013

  74. Selamat pagi TS.

    Sy mau tanya bagaimana cara untuk mendapat rekomendasi dari bupati untuk ikut PPDS BK dg status sy nonPNS?
    Mohon infonya?

    Komentar oleh dwi | September 27, 2013

  75. Selamat pagi TS.

    Sy mau tanya bagaimana cara untuk mendapat rekomendasi dari bupati untuk ikut PPDS BK dg status sy nonPNS?
    Mohon infonya?

    Komentar oleh dwi | September 27, 2013

  76. A fascinating discussion is definitely worth comment.
    I believe that you need to publish more about this
    issue, it may not be a taboo matter but usually folks don’t speak about these subjects.
    To the next! Best wishes!!

    Komentar oleh Emerson | Maret 13, 2014

  77. dapatkah seorang PPDS mendapat 2 beasiswa dari Depkes dan Pemda?

    Komentar oleh paijo | April 16, 2014

  78. I seldom leave a response, however i did a few searching and wound up here Beasiswa PPDS Depkes « Info Pendidikan Dokter Spesialis.
    And I do have a couple of questions for you if it’s allright.
    Could it be just me or does it give the impression like some of the remarks
    appear like they are written by brain dead people? :-P And, if you are writing on other
    social sites, I would like to follow everything fresh you have to post.
    Would you make a list of every one of all your community
    pages like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

    Komentar oleh grand theft auto 5 cheats ps3 | April 17, 2014


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

